Macam Macam Puasa Sunnah

By | November 4, 2021

Macam Macam Puasa Sunnah. Puasa syawal adalah berpuasa selama enam hari di bulan syawal. Puasa sunnah ini dilakukan di tanggal yang tidak ditentukan, boleh urut maupun acak, asal masih dalam bulan syawal.

MacamMacam Puasa Sunnah Pengertian, Hikmah dan Syaratnya
MacamMacam Puasa Sunnah Pengertian, Hikmah dan Syaratnya from sahabatmuslim.id

Ada beberapa puasa sunnah yang dapat secara rutin kamu laksanakan, dan ada pula beberapa puasa sunnah lainnya yang dilakukan pada waktu tertentu saja. Puasa fardhu yang tersebab dirinya sendiri, yaitu puasa nazar. Setiap jenis puasa sunnah pun memiliki keutamaan sendiri.

Puasa Syawal Adalah Berpuasa Selama Enam Hari Di Bulan Syawal.

Syawal adalah nama bulan setelah bulan ramadhan. Jenis puasa pertama dari puasa sunnah adalah puasa syawal. Puasa senin kamis adalah salah satu jenis puasa sunnah yang paling sering dilakukan oleh nabi muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Salah Satu Puasa Sunah Yang Sudah Banyak Dikenali Umat Islam Tentunya Adalah Puasa Syawal.

Puasa syawal adalah puasa sunnah yang dilakukan selama enam hari pada bulan syawal, pasca hari raya idul fitri. Puasa ini dilakukan selama enam hari di bulan syawal. Puasa hari ‘arafah dilakukan pada tanggal 9 dzulhijjah, bagi orang yang tidak melaksanakan haji.

Setiap Jenis Puasa Sunnah Pun Memiliki Keutamaan Sendiri.

” yang artinya “aku berniat puasa sunnah tasu’a karena allah ta’ala.” 4. 10 macam puasa sunnah beserta keutamaannya. Puasa ini bisa dilakukan secara berurutan dimulai dari hari kedua syawal ataupun bisa.

Jadwal Puasa Sunnah Februari 2021 Bertepatan Bulan Mulia Rajab;

Puasa hari ‘asyura’ (puasa pada tanggal 10 muharram) dengan satu hari sebelum atau sesudahnya. Jadwal puasa sunnah bulan oktober 2020 dan niatnya; Jadwal puasa sunnah bulan juni 2021 berikut lafaz niatnya;

Misalnya, Puasa Enam Hari Syawal, Puasa Arafah, Puasa Tasu’a Dan Asyura, Puasa Ayyamul Bidh, Puasa Senin Kamis, Puasa Daud, Dan Sebagainya.

Adapun niat untuk melaksanakan puasa sunnah tasu’a adalah “ nawaitu sauma gadhin min yaumi tasu’a sunnatan lillahi ta’ala. Puasa fardhu yang tersebab dirinya sendiri, yaitu puasa nazar. Ketentuan dalam melakukan puasa sunnah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.